Minggu, 01 Juli 2012
Tugas Telaah
SITI PEBRIANTI
TUGAS TELAAH KURIKULUM
2.Setiap kurikulum perlu menerapkan landasan atau asas filosofis,psiokologis, sosiologis,dan asas ilmiah iptek serta asas organisator/Saudara kemukakan secara garis besar asa- asa kurikulum tersebut.
Jawaban
• Landasan filosofis
Landasan filosofis sebagai salah satu fondasi dalam pelaksanaan pendidikan berhubungan dengan sistem nilai. Sistem nilai merupakan pandangan seseorang tentang “sesuatu” yang berkaitan dengan arti kehidupan (pandangan hidup). Menurut Pasal 2 UU RI No.2 Tahun 1989 menetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945. sedangkan Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang P4 menegaskan pula bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar negara Indonesia.
Pancasila sebagai landasan filosofis pendidikan mempunyai makna:
1.Dalam merumuskan pendidikan harus dijiwai dan didasarkan pada Pancasila.
2 .Sistem pendidikan nasional haruslah berlandaskan Pancasila.
3. Hakikat manusia haruslah diwujudkan melalui pendidikan, sehingga tercipta manusia Indonesia yang dicita-citakan Pancasila.
• Asas psikologis
Asas ini berkenaan dengan perilaku manusia. Landasan psikologis berkaitan dengan cara peserta didik belajar, dan faktor apa yang dapat menghmbat kemuan belajar mereka selain itu psikologis memberikan landasan berpikir tentang hakiki proses belajar mengajar dan tingkat-tingkat perkembangan peserta didik. Kurikulum pada dasarnya disusun agar peerta diik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik ini berarti bahwa kurikulum dan pengajaran yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan peserta didik sebagai peserta utama dlm proses belajar mengajar akan lebih meningkatkan keberhasilan kurikulum, daripada kurikulum yang mengabaikan faktor psiklogis peserta didik
• Asas sosiologis
Asas ini berkenaan dengan penyampaian kebudayaan, proses sosialisasi individu dan rekontruksi masyrakat, Landasan sosial budaya ternyata bukan hanya semata-mata digunaka dalam mengembangkan kurikulum pada tingkat nasional, melainkan juga bagi guru dalam pembinaan kurikulum tingakt sekolah atau bahka tingkat pengajaran
• . Landasan Ilmiah dan Teknologis
Pendidikan berkaitan erat dengan proses penyaluran pengetahuan, sehingga haruslah mendapat perhatian yang proporsional dalam bahan ajaran, dengan demikian pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan IPTEK tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar IPTEK dan calon pakar IPTEK itu.Selanjutnya pendidikan akan dapat mewujudkan fungsinya dalam pelestarian dan pengembangan iptek tersebut.
Salah satu misi pendidikan adalah membekali peserta didik agar dapat mengembangkan iptek. Hubungan timbal balik antara pendidikan dan iptek, yaitu, kemajuan pendidikan diarahkan untuk kemajuan iptek dan perkembangan iptek akan berpengaruh pada perkembangan pendidikan
• Asas Organisatoris
Asas ini berkenaan dengan masalah bagaimana bahan pelajaran akandisajikan. Apakah dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah-pisah, ataukahdiusahakan adanya hubungan antara pelajaran yang diberikan, misalnya dalambentuk broad field atau bidang studi seperti IPA, IPS, Bahasa, dan lain-lain. Ataukahdiusahakan hubungan secara lebih mendalam dengan menghapuskan segala batas-batas mata pelajaran (dalam bentuk kurikulum terpadu). Penganut ilmu jiwa asosiasiakan memilih bentuk organisasi kurikulum yang berpusat pada mata pelajaran,sedangkan penganut ilmu jiwa gestalt akan cenderung memilih kurikulum terpadu
Asas ini berkenaan dengan organisasi kurikulum.Dilihat dari organisasinya ada tiga tipe bentuk kurikulum:
1. Kurikulum yang berisi sejumlah mata pelajaran yang terpisah-pisah(separated subject curriculum)
2. Kurikulum yang berisi sejumlah mata pelajaran yang sejenis di hubung-hubungkan(Correlated curriculum)
3. Kurikulum yang terdiri dari peleburan semua/ hampir semua mata pelajaran(integrated curriculum)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar