Minggu, 01 Juli 2012

LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK untuk memenuhi tugas mata kuliah PRAKTIKUM BK PRIBADI SOSIAL Dosen Pengampu:RENIE TRI HERDIANI, SP.d Disusun oleh: Nama: Siti Pebrianti Kelas:4F NPM:1110500144 BIMBINGAN DAN KOSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASKTI TEGAL 2012 LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK TOPIK BEBAS KEGIATAN Hari/tanggal :14 April 2012 Pertemuan ke :1(satu) Waktu :08.20-09.00 Tempat :kelas pendidikan Hasil :Hasil yang diperoleh dari pertemuan pertama kegiatan bimbingan kelompok ini adalah pembentukan rappotr antara siswa dengan pembimbing ,mengakrabkan anggota,setiap anggota mengemukakan topik yang ingin dibicarakan dan satu topik telah di bahas dan di berikan pendapat tentang topik yang dibahas. ANALISIS TUGAS 1.Praktek kegiatan Pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok ini berisikan empat tahap yaitu:  Tahap pembentukan Pada tahap ini dilakukan perkenalan antar anggota dengan permainan rangkaian nama.Dalam kegiatan ini tempat duduk peserta juga diatur dengan membentuk lingkaran.Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan salam dan ucapan terimakasih atas kehadiran anggota pada hari yang telah disepakati .Setelah berdoa,kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan: 1)Pengertian dan tujuan bimbingan kelompok Bimbingan kelompok adalah bimbingan yang diberikan secara kelompok untuk memberikan informasi guna membantu anggotanya dengan menyusun rencana dan keputusan yang tepat.Tujuannya adalah memberikan wawasan , pandangan dan pemahaman pada anggota terhadap topik yang dibahas.Selain itu,melatih anggota agar mampu berbicara didepan banyak orang,berani mengemukakan pendapat,saran,tanggapan didepan anggota lain. 2)Cara pelaksanaan Masing- masing anggota diminta secara sukarela untuk berbicara,mengeluarkan perasaan perasaannya,pendapat,saran dan tanggapannya dengan terbuka.Pada saat salah satu anggota sedang mengemukakan pendapatnya ,anggota yang lain mendengarkan dengan baik. 3)Asas yang perlu dilaksanakan • Asas kesukarelaan ,semua anggota dapat mengeluarkan pendapat dan tanggapannya secara sukarela dan spontan tanpa adanya paksaan. • Asas keterbukaan,anggota kelompok dapat mengutarakan perasaan – perasaan ,saran dan pensdapnya secara terbuka • Asas kenormatifan,Ketika ada anggota yang sedang berbicara,anggota yang lain mendengarkan.  Tahap peralihan Pada tahap ini tidak ada keengganan pada masing- masing anggota karena mereka sudah saling mengenal anggota satu sama lain.Hal ini terlihat dari kesiapan anggota untuk segera memulai pada tahap kegiatan  Tahap kegiatan Kegiata ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang cukup berarti.Karena ini merupakan topik bebas ,maka setiap anggota bebas mengemukakan topik yang ingin dibahas secara bergantian.Tetapi hampir semua siswa mengemukakan topik sulitnya bergaul dengan teman sekelas sehingga menyebabkan prasangka yang buruk antara satu dengan yang lainnya. Setelah para anggota selesai mengusulkan topik yang disampaikan ,kemudian pemimpin kelompok meminta anggota untuk memilih topik yang akan dibahas dan diuraikan jalan keluarnya terlebih dahulu .Semua anggota akhirnya sepakat untuk membahas Malas Dalam Belajar Isi bahasan • Memahami pengertian belajar • Cara agar tidak malas dalam belajar • Hal hal yang perlu diperhatikan dalam belajar • Dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu,tidak mengerti menjadi mengerti,tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukan perubahan perilakunya.Stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru tersebut,sedangkan respon adalah reaksi atau tanggapan belajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.. Agar tidak malas belajar • Ingat niat kita • Tujuan belajar • Ingat akan cita cita • Ingat ayah dan ibu berjuang (cari biaya) untuk anaknya agar kita menjadi seorang anak yang sukses • Bertemanlah dengan teman- teman yang memberikan hal positif Adapun cara menghilangkan malas belajar adalah diantaranya membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang,mengubah posisi duduk ketika membaca,berpindah dari ruang baca ke kamar atau cari tempat yang nyaman,menghirup udara yang segar dll.Salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam belajar adalah ketika sudah mulai mengantuk berhentib elajar sejenak atau cuci muka untuk menghilangkan rasa ngantuk.Adapun dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah adalah ,siswa tidak dapat mengerjakan ulangan atau tugas yang diberikan oleh guru disekolah sehingga mendapatkan nilai yang tidak bagus Salah satu pendapat dari anggota 1. Johan priyadin berpendapat malas belajar karena kondisi rumah yang kurang nyaman 2. Sumarsih berpendapat malas belajar karena tidak menguasai salah satu mata pelajaran 3. Wulan nurul oktaviani malas belajar adalah tidak semangat 4. Roy primansyah berpendapat malas belajar merupakan hal yang sulit dihilangkan  Tahap pengakhiran Untuk tahap pengakhiran, pemimpin kelompok memberitahukan bahwa kegitan akan segera diakhiri karena waktu yang disepakati akan segera berakhir dan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.Kemudian pemimpin kelompok meminta anggotanya untuk menyimpulkan hasil yang diperoleh pada kegiatan kelompok ini .Setelah itu dilanjutkan membahas penetapan waktu dan tempat perteuan selanjtnya.Dan terakhir,anggota tidak lupa diminta untuk mengungkapkan pesan dan kesan.Tidak lupa pemimpin kelompok mengucapkan terimaksish atas kesediaan anggota meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dan kemudian berdoa bersama- sama. 2.Hasil yang diraskan oleh pemimpin kelompok Hasil yang diperoleh dari kegitan bimbingan kelompok ini adalah anggota dapat belajar mengemukakan pendapat dan tanggapannyasecara terbuka.Selain itu anggota juga dapat mengetahui bahwa sebenarnya bimbingan kelompok tidak hanya menasehati dan melarang ini itu,melainkan dapat membantu memberikan informasi ,menambah wawasan,bertukar pikir dan membahas topik yang menarik. a.Komunikasi Komunikasi antara anggota dan pemimpin kelompok berjalan dengan baik meskipun kadaang- kadang terkesan sering bercanda. b.Sarana/prasarana Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemimpin kelompok dalam kegiatan bimbingan ini meliputi tempat /ruang untuk kegiatan,recorder dan kaset,minuman dan makanan kecil. Tegal 14 april 2012 Mahasiswi Praktikan Siti pebrianti SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PRAKTIKUM BK PRIBADI SOSIAL Dosen Pengampu:RENIE TRI HERDIANI, SP.d Disusun oleh: Nama: Siti Pebrianti Kelas:4F NPM:1110500144 BIMBINGAN DAN KOSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASKTI TEGAL 2012 LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK TOPIK BEBAS KEGIATAN Hari/tanggal :14 April 2012 Pertemuan ke :1(satu) Waktu :08.20-09.00 Tempat :kelas pendidikan Hasil :Hasil yang diperoleh dari pertemuan pertama kegiatan bimbingan kelompok ini adalah pembentukan rappotr antara siswa dengan pembimbing ,mengakrabkan anggota,setiap anggota mengemukakan topik yang ingin dibicarakan dan satu topik telah di bahas dan di berikan pendapat tentang topik yang dibahas. ANALISIS TUGAS 1.Praktek kegiatan Pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok ini berisikan empat tahap yaitu:  Tahap pembentukan Pada tahap ini dilakukan perkenalan antar anggota dengan permainan rangkaian nama.Dalam kegiatan ini tempat duduk peserta juga diatur dengan membentuk lingkaran.Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan salam dan ucapan terimakasih atas kehadiran anggota pada hari yang telah disepakati .Setelah berdoa,kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan: 1)Pengertian dan tujuan bimbingan kelompok Bimbingan kelompok adalah bimbingan yang diberikan secara kelompok untuk memberikan informasi guna membantu anggotanya dengan menyusun rencana dan keputusan yang tepat.Tujuannya adalah memberikan wawasan , pandangan dan pemahaman pada anggota terhadap topik yang dibahas.Selain itu,melatih anggota agar mampu berbicara didepan banyak orang,berani mengemukakan pendapat,saran,tanggapan didepan anggota lain. 2)Cara pelaksanaan Masing- masing anggota diminta secara sukarela untuk berbicara,mengeluarkan perasaan perasaannya,pendapat,saran dan tanggapannya dengan terbuka.Pada saat salah satu anggota sedang mengemukakan pendapatnya ,anggota yang lain mendengarkan dengan baik. 3)Asas yang perlu dilaksanakan • Asas kesukarelaan ,semua anggota dapat mengeluarkan pendapat dan tanggapannya secara sukarela dan spontan tanpa adanya paksaan. • Asas keterbukaan,anggota kelompok dapat mengutarakan perasaan – perasaan ,saran dan pensdapnya secara terbuka • Asas kenormatifan,Ketika ada anggota yang sedang berbicara,anggota yang lain mendengarkan.  Tahap peralihan Pada tahap ini tidak ada keengganan pada masing- masing anggota karena mereka sudah saling mengenal anggota satu sama lain.Hal ini terlihat dari kesiapan anggota untuk segera memulai pada tahap kegiatan  Tahap kegiatan Kegiata ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang cukup berarti.Karena ini merupakan topik bebas ,maka setiap anggota bebas mengemukakan topik yang ingin dibahas secara bergantian.Tetapi hampir semua siswa mengemukakan topik sulitnya bergaul dengan teman sekelas sehingga menyebabkan prasangka yang buruk antara satu dengan yang lainnya. Setelah para anggota selesai mengusulkan topik yang disampaikan ,kemudian pemimpin kelompok meminta anggota untuk memilih topik yang akan dibahas dan diuraikan jalan keluarnya terlebih dahulu .Semua anggota akhirnya sepakat untuk membahas Malas Dalam Belajar Isi bahasan • Memahami pengertian belajar • Cara agar tidak malas dalam belajar • Hal hal yang perlu diperhatikan dalam belajar • Dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu,tidak mengerti menjadi mengerti,tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukan perubahan perilakunya.Stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru tersebut,sedangkan respon adalah reaksi atau tanggapan belajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.. Agar tidak malas belajar • Ingat niat kita • Tujuan belajar • Ingat akan cita cita • Ingat ayah dan ibu berjuang (cari biaya) untuk anaknya agar kita menjadi seorang anak yang sukses • Bertemanlah dengan teman- teman yang memberikan hal positif Adapun cara menghilangkan malas belajar adalah diantaranya membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang,mengubah posisi duduk ketika membaca,berpindah dari ruang baca ke kamar atau cari tempat yang nyaman,menghirup udara yang segar dll.Salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam belajar adalah ketika sudah mulai mengantuk berhentib elajar sejenak atau cuci muka untuk menghilangkan rasa ngantuk.Adapun dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah adalah ,siswa tidak dapat mengerjakan ulangan atau tugas yang diberikan oleh guru disekolah sehingga mendapatkan nilai yang tidak bagus Salah satu pendapat dari anggota 1. Johan priyadin berpendapat malas belajar karena kondisi rumah yang kurang nyaman 2. Sumarsih berpendapat malas belajar karena tidak menguasai salah satu mata pelajaran 3. Wulan nurul oktaviani malas belajar adalah tidak semangat 4. Roy primansyah berpendapat malas belajar merupakan hal yang sulit dihilangkan  Tahap pengakhiran Untuk tahap pengakhiran, pemimpin kelompok memberitahukan bahwa kegitan akan segera diakhiri karena waktu yang disepakati akan segera berakhir dan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.Kemudian pemimpin kelompok meminta anggotanya untuk menyimpulkan hasil yang diperoleh pada kegiatan kelompok ini .Setelah itu dilanjutkan membahas penetapan waktu dan tempat perteuan selanjtnya.Dan terakhir,anggota tidak lupa diminta untuk mengungkapkan pesan dan kesan.Tidak lupa pemimpin kelompok mengucapkan terimaksish atas kesediaan anggota meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dan kemudian berdoa bersama- sama. 2.Hasil yang diraskan oleh pemimpin kelompok Hasil yang diperoleh dari kegitan bimbingan kelompok ini adalah anggota dapat belajar mengemukakan pendapat dan tanggapannyasecara terbuka.Selain itu anggota juga dapat mengetahui bahwa sebenarnya bimbingan kelompok tidak hanya menasehati dan melarang ini itu,melainkan dapat membantu memberikan informasi ,menambah wawasan,bertukar pikir dan membahas topik yang menarik. a.Komunikasi Komunikasi antara anggota dan pemimpin kelompok berjalan dengan baik meskipun kadaang- kadang terkesan sering bercanda. b.Sarana/prasarana Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemimpin kelompok dalam kegiatan bimbingan ini meliputi tempat /ruang untuk kegiatan,recorder dan kaset,minuman dan makanan kecil. Tegal 14 april 2012 Mahasiswi Praktikan Siti pebrianti NPM:1110500144SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PRAKTIKUM BK PRIBADI SOSIAL Dosen Pengampu:RENIE TRI HERDIANI, SP.d Disusun oleh: Nama: Siti Pebrianti Kelas:4F NPM:1110500144 BIMBINGAN DAN KOSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASKTI TEGAL 2012 LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK TOPIK BEBAS KEGIATAN Hari/tanggal :14 April 2012 Pertemuan ke :1(satu) Waktu :08.20-09.00 Tempat :kelas pendidikan Hasil :Hasil yang diperoleh dari pertemuan pertama kegiatan bimbingan kelompok ini adalah pembentukan rappotr antara siswa dengan pembimbing ,mengakrabkan anggota,setiap anggota mengemukakan topik yang ingin dibicarakan dan satu topik telah di bahas dan di berikan pendapat tentang topik yang dibahas. ANALISIS TUGAS 1.Praktek kegiatan Pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok ini berisikan empat tahap yaitu:  Tahap pembentukan Pada tahap ini dilakukan perkenalan antar anggota dengan permainan rangkaian nama.Dalam kegiatan ini tempat duduk peserta juga diatur dengan membentuk lingkaran.Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan salam dan ucapan terimakasih atas kehadiran anggota pada hari yang telah disepakati .Setelah berdoa,kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan: 1)Pengertian dan tujuan bimbingan kelompok Bimbingan kelompok adalah bimbingan yang diberikan secara kelompok untuk memberikan informasi guna membantu anggotanya dengan menyusun rencana dan keputusan yang tepat.Tujuannya adalah memberikan wawasan , pandangan dan pemahaman pada anggota terhadap topik yang dibahas.Selain itu,melatih anggota agar mampu berbicara didepan banyak orang,berani mengemukakan pendapat,saran,tanggapan didepan anggota lain. 2)Cara pelaksanaan Masing- masing anggota diminta secara sukarela untuk berbicara,mengeluarkan perasaan perasaannya,pendapat,saran dan tanggapannya dengan terbuka.Pada saat salah satu anggota sedang mengemukakan pendapatnya ,anggota yang lain mendengarkan dengan baik. 3)Asas yang perlu dilaksanakan • Asas kesukarelaan ,semua anggota dapat mengeluarkan pendapat dan tanggapannya secara sukarela dan spontan tanpa adanya paksaan. • Asas keterbukaan,anggota kelompok dapat mengutarakan perasaan – perasaan ,saran dan pensdapnya secara terbuka • Asas kenormatifan,Ketika ada anggota yang sedang berbicara,anggota yang lain mendengarkan.  Tahap peralihan Pada tahap ini tidak ada keengganan pada masing- masing anggota karena mereka sudah saling mengenal anggota satu sama lain.Hal ini terlihat dari kesiapan anggota untuk segera memulai pada tahap kegiatan  Tahap kegiatan Kegiata ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang cukup berarti.Karena ini merupakan topik bebas ,maka setiap anggota bebas mengemukakan topik yang ingin dibahas secara bergantian.Tetapi hampir semua siswa mengemukakan topik sulitnya bergaul dengan teman sekelas sehingga menyebabkan prasangka yang buruk antara satu dengan yang lainnya. Setelah para anggota selesai mengusulkan topik yang disampaikan ,kemudian pemimpin kelompok meminta anggota untuk memilih topik yang akan dibahas dan diuraikan jalan keluarnya terlebih dahulu .Semua anggota akhirnya sepakat untuk membahas Malas Dalam Belajar Isi bahasan • Memahami pengertian belajar • Cara agar tidak malas dalam belajar • Hal hal yang perlu diperhatikan dalam belajar • Dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu,tidak mengerti menjadi mengerti,tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukan perubahan perilakunya.Stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru tersebut,sedangkan respon adalah reaksi atau tanggapan belajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.. Agar tidak malas belajar • Ingat niat kita • Tujuan belajar • Ingat akan cita cita • Ingat ayah dan ibu berjuang (cari biaya) untuk anaknya agar kita menjadi seorang anak yang sukses • Bertemanlah dengan teman- teman yang memberikan hal positif Adapun cara menghilangkan malas belajar adalah diantaranya membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang,mengubah posisi duduk ketika membaca,berpindah dari ruang baca ke kamar atau cari tempat yang nyaman,menghirup udara yang segar dll.Salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam belajar adalah ketika sudah mulai mengantuk berhentib elajar sejenak atau cuci muka untuk menghilangkan rasa ngantuk.Adapun dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah adalah ,siswa tidak dapat mengerjakan ulangan atau tugas yang diberikan oleh guru disekolah sehingga mendapatkan nilai yang tidak bagus Salah satu pendapat dari anggota 1. Johan priyadin berpendapat malas belajar karena kondisi rumah yang kurang nyaman 2. Sumarsih berpendapat malas belajar karena tidak menguasai salah satu mata pelajaran 3. Wulan nurul oktaviani malas belajar adalah tidak semangat 4. Roy primansyah berpendapat malas belajar merupakan hal yang sulit dihilangkan  Tahap pengakhiran Untuk tahap pengakhiran, pemimpin kelompok memberitahukan bahwa kegitan akan segera diakhiri karena waktu yang disepakati akan segera berakhir dan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.Kemudian pemimpin kelompok meminta anggotanya untuk menyimpulkan hasil yang diperoleh pada kegiatan kelompok ini .Setelah itu dilanjutkan membahas penetapan waktu dan tempat perteuan selanjtnya.Dan terakhir,anggota tidak lupa diminta untuk mengungkapkan pesan dan kesan.Tidak lupa pemimpin kelompok mengucapkan terimaksish atas kesediaan anggota meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dan kemudian berdoa bersama- sama. 2.Hasil yang diraskan oleh pemimpin kelompok Hasil yang diperoleh dari kegitan bimbingan kelompok ini adalah anggota dapat belajar mengemukakan pendapat dan tanggapannyasecara terbuka.Selain itu anggota juga dapat mengetahui bahwa sebenarnya bimbingan kelompok tidak hanya menasehati dan melarang ini itu,melainkan dapat membantu memberikan informasi ,menambah wawasan,bertukar pikir dan membahas topik yang menarik. a.Komunikasi Komunikasi antara anggota dan pemimpin kelompok berjalan dengan baik meskipun kadaang- kadang terkesan sering bercanda. b.Sarana/prasarana Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemimpin kelompok dalam kegiatan bimbingan ini meliputi tempat /ruang untuk kegiatan,recorder dan kaset,minuman dan makanan kecil. Tegal 14 april 2012 Mahasiswi Praktikan Siti pebrianti NPM:1110500144SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PRAKTIKUM BK PRIBADI SOSIAL Dosen Pengampu:RENIE TRI HERDIANI, SP.d Disusun oleh: Nama: Siti Pebrianti Kelas:4F NPM:1110500144 BIMBINGAN DAN KOSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASKTI TEGAL 2012 LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK TOPIK BEBAS KEGIATAN Hari/tanggal :14 April 2012 Pertemuan ke :1(satu) Waktu :08.20-09.00 Tempat :kelas pendidikan Hasil :Hasil yang diperoleh dari pertemuan pertama kegiatan bimbingan kelompok ini adalah pembentukan rappotr antara siswa dengan pembimbing ,mengakrabkan anggota,setiap anggota mengemukakan topik yang ingin dibicarakan dan satu topik telah di bahas dan di berikan pendapat tentang topik yang dibahas. ANALISIS TUGAS 1.Praktek kegiatan Pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok ini berisikan empat tahap yaitu:  Tahap pembentukan Pada tahap ini dilakukan perkenalan antar anggota dengan permainan rangkaian nama.Dalam kegiatan ini tempat duduk peserta juga diatur dengan membentuk lingkaran.Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan salam dan ucapan terimakasih atas kehadiran anggota pada hari yang telah disepakati .Setelah berdoa,kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan: 1)Pengertian dan tujuan bimbingan kelompok Bimbingan kelompok adalah bimbingan yang diberikan secara kelompok untuk memberikan informasi guna membantu anggotanya dengan menyusun rencana dan keputusan yang tepat.Tujuannya adalah memberikan wawasan , pandangan dan pemahaman pada anggota terhadap topik yang dibahas.Selain itu,melatih anggota agar mampu berbicara didepan banyak orang,berani mengemukakan pendapat,saran,tanggapan didepan anggota lain. 2)Cara pelaksanaan Masing- masing anggota diminta secara sukarela untuk berbicara,mengeluarkan perasaan perasaannya,pendapat,saran dan tanggapannya dengan terbuka.Pada saat salah satu anggota sedang mengemukakan pendapatnya ,anggota yang lain mendengarkan dengan baik. 3)Asas yang perlu dilaksanakan • Asas kesukarelaan ,semua anggota dapat mengeluarkan pendapat dan tanggapannya secara sukarela dan spontan tanpa adanya paksaan. • Asas keterbukaan,anggota kelompok dapat mengutarakan perasaan – perasaan ,saran dan pensdapnya secara terbuka • Asas kenormatifan,Ketika ada anggota yang sedang berbicara,anggota yang lain mendengarkan.  Tahap peralihan Pada tahap ini tidak ada keengganan pada masing- masing anggota karena mereka sudah saling mengenal anggota satu sama lain.Hal ini terlihat dari kesiapan anggota untuk segera memulai pada tahap kegiatan  Tahap kegiatan Kegiata ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang cukup berarti.Karena ini merupakan topik bebas ,maka setiap anggota bebas mengemukakan topik yang ingin dibahas secara bergantian.Tetapi hampir semua siswa mengemukakan topik sulitnya bergaul dengan teman sekelas sehingga menyebabkan prasangka yang buruk antara satu dengan yang lainnya. Setelah para anggota selesai mengusulkan topik yang disampaikan ,kemudian pemimpin kelompok meminta anggota untuk memilih topik yang akan dibahas dan diuraikan jalan keluarnya terlebih dahulu .Semua anggota akhirnya sepakat untuk membahas Malas Dalam Belajar Isi bahasan • Memahami pengertian belajar • Cara agar tidak malas dalam belajar • Hal hal yang perlu diperhatikan dalam belajar • Dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu,tidak mengerti menjadi mengerti,tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukan perubahan perilakunya.Stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru tersebut,sedangkan respon adalah reaksi atau tanggapan belajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.. Agar tidak malas belajar • Ingat niat kita • Tujuan belajar • Ingat akan cita cita • Ingat ayah dan ibu berjuang (cari biaya) untuk anaknya agar kita menjadi seorang anak yang sukses • Bertemanlah dengan teman- teman yang memberikan hal positif Adapun cara menghilangkan malas belajar adalah diantaranya membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang,mengubah posisi duduk ketika membaca,berpindah dari ruang baca ke kamar atau cari tempat yang nyaman,menghirup udara yang segar dll.Salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam belajar adalah ketika sudah mulai mengantuk berhentib elajar sejenak atau cuci muka untuk menghilangkan rasa ngantuk.Adapun dampak jika tidak belajar ketika ada ulangan di sekolah adalah ,siswa tidak dapat mengerjakan ulangan atau tugas yang diberikan oleh guru disekolah sehingga mendapatkan nilai yang tidak bagus Salah satu pendapat dari anggota 1. Johan priyadin berpendapat malas belajar karena kondisi rumah yang kurang nyaman 2. Sumarsih berpendapat malas belajar karena tidak menguasai salah satu mata pelajaran 3. Wulan nurul oktaviani malas belajar adalah tidak semangat 4. Roy primansyah berpendapat malas belajar merupakan hal yang sulit dihilangkan  Tahap pengakhiran Untuk tahap pengakhiran, pemimpin kelompok memberitahukan bahwa kegitan akan segera diakhiri karena waktu yang disepakati akan segera berakhir dan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.Kemudian pemimpin kelompok meminta anggotanya untuk menyimpulkan hasil yang diperoleh pada kegiatan kelompok ini .Setelah itu dilanjutkan membahas penetapan waktu dan tempat perteuan selanjtnya.Dan terakhir,anggota tidak lupa diminta untuk mengungkapkan pesan dan kesan.Tidak lupa pemimpin kelompok mengucapkan terimaksish atas kesediaan anggota meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dan kemudian berdoa bersama- sama. 2.Hasil yang diraskan oleh pemimpin kelompok Hasil yang diperoleh dari kegitan bimbingan kelompok ini adalah anggota dapat belajar mengemukakan pendapat dan tanggapannyasecara terbuka.Selain itu anggota juga dapat mengetahui bahwa sebenarnya bimbingan kelompok tidak hanya menasehati dan melarang ini itu,melainkan dapat membantu memberikan informasi ,menambah wawasan,bertukar pikir dan membahas topik yang menarik. a.Komunikasi Komunikasi antara anggota dan pemimpin kelompok berjalan dengan baik meskipun kadaang- kadang terkesan sering bercanda. b.Sarana/prasarana Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemimpin kelompok dalam kegiatan bimbingan ini meliputi tempat /ruang untuk kegiatan,recorder dan kaset,minuman dan makanan kecil. Tegal 14 april 2012 Mahasiswi Praktikan Siti pebrianti NPM:1110500144

Tidak ada komentar:

Posting Komentar