Minggu, 01 Juli 2012
Merangkum Manajemen BK
MANAJEMEN BK
Nama:Siti Pebrianti
Kelas : 4 F
NMP : 1110500144
BAB II
BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF
Bimbingan dan konseling merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas yang dirancang oleh konselor untuk membantu klien dalam upaya untuk mengembangkan dirinya seoptimal mungkin.Layanan bimbingan konseling komprehensif meliputi segala layanan yang mencakup visi, misi, tujuan, fungsi, sasaran, kegiatan , strategi personel, dan fasilitas serta evaluasi.Fokus utama dalam Bimbingan dan Konseling komprehensif adalah teraktualisasinya potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal selanjutnya pada giliran peserta didik dapat sukses baik disekolah maupun dimasyarakat.Bimbingan dan konseling komprehensif dirancang untuk mencegah artinya bahwa konselor berkewajiban membantu peserta didik agar dapat mempunyai sikap proaktif dalam menghadapi berbagai persoalan.Dalam konseling ini mengarahkan pesertya didik agar dapat mencegahberbagai kemungkinan yang dapat berakibat mengganggu dalam perkembangannya..Menurut Gysbers dan Henderson (2006:28) bahwa : Tujuan bimbingan dan konseling bersifat kompetibel dengan tujuan pendidikan.Program bimbingan dan konseling bersifat berkembang artinya bahwa fokus utama layanan bimbingan dan konseling adalah mengawal perkembangan peserta didik melalui upaya memfasilitasi peserta didik agar dapat tumbuh dam berkembang agar menjadi pribadi yang mandri dan berkembang secara optimal. Program bimbingan dan konseling merupakan Team building artinya merupakan tim yang bersifat kolaboratif anatar staf.Merupakan proses yang sistematis dan dikemasmelalaui tahap- tahap perencanaan ,desain,implementasi,evaluasi dan tindak lanjut.Harus dikendalikan oleh kepemimpinan yang mempunyai visi dan misi yang kuat tentang bimbingan dan konseling.
Komponen bimbingan dan konseling komprehensif merupakan upaya untuk memberikan bantuan kepada setiap peserta didik agar dapat mengembangkan diri seoptimal mungkin dan dikemas dalam empat komponen yaitu kurikulum bimbingan.perencanaan individual,pelayanan responsif,dukungan sistem (Gysbers dan Henderson, 2006:139-140). Strategi yang dilakukan oleh konselor dalam pelaksanaan kurikulum bimbingan atau pelayanan dasar dikemukakan oleh departemen pendidikan nasional (2008:224-230) sebagai berikut : 1,Bimbingan kelas,layanan orientasi, 2.pelayanan informasi, 3.bimbingan kelompok dan, 4.pelayanan pengumpulan data.Satu hal yang penting dilaksanakan konselor adalah memahami konseli/klien secara mendalam beserta aspek kepribadiannya melalui berbagai asesmen dan memberikan informasi yang akurat tentang potensi diri dan lingkungan serta peluang yang ada sehingga konseli dapat: menganalisis kekuatan dan kelemahan drinya,mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan yang sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliknya ,mengukur dan menilai ketercapainnya tujuan yang telah ditetapkan,mempertimbangkan serta memilih menentukan pilihan memalui keputusan yang tepat .
Fokus pelayanan perencanaan individual adalah berbagai aktivitas yang terarah pada mengembangan : Aspek pribadi dan sosial, aspek akademik, serta aspek karir.Layanan responsif merupakan layanan yang bersifat kuratif oleh karena itu berbagi strategi yang sering yang digunakan adalah sebagai berikut: 1. Konseling individual dan kelompok 2.Referal (alih tangan atau rujukan) 3.Kolaburasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas 4..Kolaborasi dengan orang tua 5.kolaborasi dengan pihak luar sekolah 6 .Konsultasi 7.Konverensi kasus 8.kunjungan rumah.Jadi, Bimbingan dan konseling komprehensif diprogramkan untuk semua peserta didik artinya bahwa semua peserta didik hukumnya wajib memperoleh layanan bimbingan dan konseling .Sehingga image atau persepsi bahwa fokus bimbingan dan konseling hanyalah pada siswa yang bermasalah saja akan hilang.Oleh karena itu dalam bimbingan dan konseling komprehensif perlu memperhatikan : 1). ruang lingkup yang menyeluruh, 2). Dirancang untuk lebih berorientasi pada pencegahan, 3). Tujuannya pengembangan potrensi peserta didik.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar